Kumuh2

Strategi Pendidikan

 Pendidikan adalah sebuah konsep besar dalam pembangunan bangsa, seperti apa sebuah bangsa hendak digayuh adalah domain pendidikan. Konsep sekolahan adalah subset dari konsep pendidikan. Bagaimana strategi dan kebijakan pendidikan bisa memanfaatkan kekuatan bangsa, mengeliminasi kelemahan bangsa guna memanfaatkan peluang global yang tersedia dan menghindari ancaman global dan tetap berpegang kepada cita-cita proklamasi ternyata berhulu ke [1] Jati diri bangsa, jiwa bangsa, dan karakter bangsa, [2] right level of education, dan [3] produktivitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, pendidikan harus memformalisasikan strategi dan kebijakan yang mampu memadukan kekuatan yang dimiliki dan kelemahan yang menyertai untuk memanfaatkan peluang yang tersedia dan menghindari ancaman yang datang menghadang, Gambar 306.

Strategi Pendidikan1

Gambar 306: Masalah yang harus diselesaikan oleh pendidikan

Disamping itu, bukan hanya penyemaian jiwa bangsa, jati diri bangsa, dan karakter bangsa yang menjadi ciri pendidikan Indonesia, namun juga karakter patriot bangsa yang produktif dan bertanggungjawab terhadap nusa dan bangsa yang akan menjadi input bagi agriculture and fishery industries dan strategic industries guna meningkatkan produktivitas nasional disegala bidang kehidupan termasuk pelayanan publik.

Namun demikian, Pendidikan bukan penacea untuk menyelesaikan ke dua masalah bangsa tersebut, apalagi menghadapi ketegangan geopolitik 2030. Integrasi jaringan strategi dan kebijakan dengan bidang Kesejahteraan, Ekonomi, Pertahanan & Kemanan mutlak diperlukan. Tidak mungkin masing-masing bidang saling acuh atau independen, harus ada grand design strategy yang menyatukan, Gambar 307.

Grand design strategy itu melibatkan Kesra, Pendidikan, Pertahanan & Keamanan, dan Ekonomi. Strategi di empat domain ini harus terintegrasi sehingga prinsip unity of command dalam piramida strategi terpenuhi agar koordinasi strategi terjadi. Masing-masing domain memiliki visi domain berbeda yang diturunkan dari Visi yang sama yaitu pembangunan bangsa dan negara Indonesia sesuai dengan konstitusi NKRI. Ultimate goal dari integrasi strategi empat domain tersebut adalah keseimbangan antara social well-being dengan economic well-being seperti diamanatkan konstitusi penjelmaan tujuan proklamasi 17 Agustus 1945.

Strategi Pendidikan2

Gambar 307: Grand design strategi pembangunan nasional

Leave a Reply