Guru dari Gurunja Guru Besar.

Atas pernjataan-pernjataan Bung Karno dan Semaun seperti diatas, Prof. Dr. Prijono, Menteri P.D, dan K. menulis dalam buku tamu Taman Siswa Kediri pada waktu kundjungannja kesana bulan April 1961, sebagai berikut :

Pada waktu resepsi sebagai kelandjutan upatjara pemberian gelar Doctor Honoris Causa oleh Universitas  Gadjah Mada di Jogjakarta kepada Ki Hadjar Dewan tara,, maka dalam pidato-pidato sambutan beliau, baik P.J.M. Presiden Sukarno, maupun Pak Semaun, menjatakan bahwa beliau-beliau itu murid dari Ki Hadjar Kalau begitu, maka saja ini murid daripada murid. Pantja Wardhana sebagai sistim pendidikan baru jang diinstruksikan oleh Departemen P.D. & K.,. dan mengandung unsur perkembangan nasional – artistilk adalah akibat pengaruh dari Taman Siswa.

Apa jang saja lihat di Taman Siswa tjabang Kediri tetap memberi kepertjajaan kepada saja, bahwa Taman Siswa dapat ikut serta menjelesaikan revolusi kita dalam segala segi'”

Demikian utjapan Menteri P.D. dan K. Prof. Dr Prijono terhadap diri Ki Hadjar Dewantara dan Taman Siswa jang mengaku murid dari pada murid Ki Hadjar Dewantara.

Sumber : Tauhid, Mochammad, PERJUANGAN dan ADJARAN HIDUP Ki Hadjar Dewantara, Majelis Luhur Tqaman Siswa Jogjakarta, 1963

Leave a Reply