Vygotsky, Zone Proximal Development

ZPD atau Zone Proximal Development

Secara sederhana, ZPD bisa digambarkan dalam diagram Euler-Venn. Ada wilayah yang anak belum bisa mengetahui atau belum saatnya mengetahui, sesuai dengan usia pertumbuhan dan perkembangan,  namun ada wilayah dimana anak perlu bantuan untuk bisa mengetahuinya. 

Vigotsky ZPD

 

 

PERAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN PENGAJAR

Informasi yang diterima oleh anak akan masuk melalui seluruh inderanya. Selama pertumbuhan dan perkembangan informasi itu terus masuk ke dalam otak anak. jumlah informasi selama t = n adalah Itn.

 

Rumus1

 

 

 

 

 

Peranan Guru selama t1 hingga t2  pada ZPD Vygotsky adalah membantu anak untuk mengetahui apa yang mungkin diketahui dan kemudian memberi ruang kepada anak untuk menemukan atau mengembangkan sendiri apa yang ingin diketahuinya. Inilah ZPD dan peran Guru. Jadi, Guru tidak mungkin membantu anak diluar ZPD, atau t2 hingga tn. ZPD anak < 7 tahun tentu berbeda dengan ZPD anak > 7 tahun.

ZPD

 

Dengan demikian, Guru ibarat scaffolding bagi anak untuk menemukan ilmu pengetahuan. Namun demikian harus selalu memperhatikan ZPD atau Zone Proximal Development. Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah Kodrat Alam dan Kodrat Jaman yang mengiringinya .

 

scaffolding_system

Leave a Reply